Frequently Asked Questions (FAQ)
Waktu kunjungan ke Perpustakaan UMP dimulai kapan?
waktu kunjungan setiap hari kerja
Senin – Kamis (08.00 – 12.00)
Jumat (08.00 – 11.00)
Istirahat (12.00 – 13.30)
Apakah mahasiswa luar UMP atau non-civitas academica UMP dapat meminjam koleksi Perpustakaan UMP?
Saat ini belum dimungkinkan untuk melakukan peminjaman. Mahasiswa luar UMP atau non-civitas academica UMP hanya dapat membaca di tempat dan memfotokopi bagian tertentu sesuai dengan ketentuan yang berlaku.
Ketentuan apa yang harus dipenuhi jika mahasiswa luar UMP atau non civitas academica UMP membutuhkan untuk menyalin/menggandakan sebagian buku/artikel/karya ilmiah/karya tugas akhir?
Penyalinan/penggandaan untuk buku/artikel/karya ilmiah/karya tugas akhir dapat dilakukan di layanan terkait. Khusus untuk karya tugas akhir, Pemustaka hanya diperkenankan menyalin halaman judul, abstrak, daftar isi, bab pendahuluan, bab penutup/ kesimpulan, daftar pustaka.
Bagaimana mengakses jurnal dan database online?
Akses jurnal dan database online dapat dilakukan melalui wifi ataupun menggunakan paket data anda atau hotspot UMP.
- Untuk akses Jurnal
FEBi (http://journal.stiem.ac.id/)
FKPK (http://ejurnal.fkpk.umpalopo.ac.id/index.php/VoM)
FKIP (
- Online Public Acces Catalog (https://opac.umpalopo.ac.id)
- Setiadi/Repository (https://etd.umpalopo.ac.id)
- e-Books
(http://digilib.umpalopo.ac.id)
Berapa banyak koleksi yang dapat dipinjam?
Setiap peminjaman koleksi di Perpustakaan UMP maksimal sebanyak 2 eksemplar/judul.
Berapa lama waktu peminjaman koleksi?
Lama waktu peminjaman koleksi yang diperkenankan adalah selama 6 hari kerja
Berapa kali dapat dilakukan perpanjangan peminjaman koleksi?
Perpanjangan koleksi dapat dilakukan sebanyak 3 kali
Apakah dapat dilakukan perpanjangan secara online?
Ya, perpanjangan online dapat dilakukan melalui OPAC (http://opac.umpalopo.ac.id/index.php?p=perpanjang)
Berapa besar denda keterlambatan pengembalian koleksi?
Besar denda keterlambatan pengembalian koleksi adalah 1000 rupiah / hari / eksemplar
Kemana pembayaran denda dapat dilakukan?
Pembayaran denda keterlambatan dapat dilakukan langsung di bagian layanan sirkulasi.
Apakah kita bebas menggunakan Wifi atau Hotspot di Perpustakaan?
Akses hotspot dan wifi di perpustakaan saat ini masih bebas untuk digunakan
Mengapa perangkat saya tidak bisa terhubung ke jaringan internet/ WiFi perpustakaan UMP?
Beberapa permasalahan yang biasanya menyebabkan perangkat anda tidak bisa terhubung ke jaringan WiFi kami:
- Fasilitas WiFi belum diaktifkan. Biasanya perangkat anda memiliki fasilitas untuk mengaktifkan/menonaktifkan WiFi. Seringkali pengguna tidak sengaja atau lupa menekan tombol tertentu yang menyebabkan WiFi NonAktif.
- Kemungkinan batas maksimal jumlah pengguna WiFi sudah terpenuhi. Apabila anda tidak bisa terhubung ke jaringan kami dikarenakan sebab ini, maka anda bisa mencoba kembali melakukan koneksi dalam interval waktu tertentu.
Beberapa perangkat (misal: notebook) perlu di-restart ulang untuk dapat terhubung ke jaringan WiFi. Solusi ini seringkali dapat memecahkan permasalahan anda.